Tanda Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Tanda Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Kulit kering adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Dalam dunia medis, kulit kering disebut dengan xerosis yang biasanya dialami kulit bagian kaki, tangan maupun wajah.

Kondisi kulit ini sangat mengganggu penampilan dan membuat tubuh terasa tidak nyaman. Saat mengalami kulit kering, lapisan kulit atas atau bagian epidermis kulit, tidak mendapatkan kelembapan yang disebabkan karena berbagai faktor.

Kulit kering ini bisa dicegah dan diatasi dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat, mulai dari menggunakan bahan alami atau produk skincare. Tapi perlu diingat, kalau merawat kulit harus dilakukan secara konsisten agar hasilnya maksimal. Berikut tanda kulit kering dan cara mengatasinya, dilansir dari berbagai sumber:

Tanda Kulit kering

Kulit kering biasa ditandai dengan kulit yang sangat sensitif dan rentan terkena kerusakan. Tanda kulit kering yang paling umum adalah kulit pecah-pecah, teksturnya kasar dan mudah mengelupas.

Kulit kering juga bisa ditandai dan dirasakan, saat kulit tertarik dan mengencang setelah mandi. Semakin kering kondisi kulit, maka kulit akan terlihat sangat kusam, tampak bersisik dan terasa gatal-gatal

Untuk kondisi kulit kering yang parah, kulit kering ditandai dengan adanya pengelupasan kulit dan berdarah saat digaruk. Kulit kering juga bisa ditandai dengan perbedaan warna kemerahan dan sedikit keabuan, serta muncul garis putih jika kulit kering digaruk.

Penyebab Kulit Kering

Kondisi kulit kering ini bisa dialami segala usia. Tetapi kulit kering paling sering dialami orang yang lanjut usia, karena produksi kolagen dan minyak alami dalam tubuh berkurang, sehingga kelembapan kulit berkurang dan menjadi dehidrasi.

Kulit kering juga bisa disebabkan karena menggunakan produk yang mengandung zat aditif kimia, seperti alkohol, paraben, deterjen dan parfum. Pergantian cuaca ekstrim dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari, juga bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering. Bahkan sering menggunakan air hangat saat mandi, bisa memperparah kondisi kulit dan membuat kulit mengalami pengelupasan atau pecah-pecah.

Seseorang yang sering mengonsumsi obat-obatan khusus, memiliki kondisi penyakit tertentu atau alergi, jarang mengonsumsi air putih dan keturunan, juga rentan mengalami kondisi kulit yang kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Kamu bisa mengatasi kulit kering dengan menggunakan bahan alami, seperti menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, lidah buaya dan madu, yang dioleskan sebelum mandi. Kemudian hindari penggunaan air hangat saat mandi dan gunakan sabun yang gentle.

Jangan lupa untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan harian, mengonsumsi buah-buahan, perbanyak sayuran hijau, tidur yang cukup sebelum jam 10 malam dan hindari mengonsumsi alkohol atau merokok.

Jika kondisi kulit kering semakin parah, segera konsultasikan kondisimu dengan dokter kulit, maka dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi kulit keringmu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X