Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Perlu diketahui, jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Terkadang, banyak orang yang masih belum memahami jenis kulit wajahnya, sehingga perawatan yang dilakukan kurang tepat dan dapat berakibat memunculkan masalah pada kulit wajahnya.

Dilansir dari radiance, terdapat 5 jenis kulit wajah yang berbeda, yakni berminyak, kering, normal, kombinasi, dan sensitif. Dengan memahami jenis kulit yang kamu miliki, setiap orang bisa meminimalisasi risiko masalah yang muncul pada kulit wajah, dan bisa memberikan perawatan serta perlindungan yang tepat untuk kulit.

Kulit Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak memiliki sekresi minyak berlebih yang menghasilkan sebum berlebih sehingga menyebabkan kulit tampak berkilau dan terasa berminyak, terutama pada bagian T-Zone (dahi, hidung, dan dagu). Jika memiliki kulit berminyak, kemungkinan kamu memiliki pori-pori kulit yang besar, dan lebih rentan terhadap jerawat

Kulit Kering

Biasanya jenis kulit ini terlihat kusam dan mungkin menjadi kasar atau bahkan bersisik. Dalam hal ini, kulit kering menghasilkan lebih sedikit minyak dan seringkali terasa kencang sehingga kurang elastis. Bahkan, orang yang memiliki jenis kulit kering, seringkali mengalami iritasi dan gatal jika terjadi perubahan cuaca. Itu sebabnya, orang dengan kulit kering harus minum banyak air, dan minum vitamin agar tetap segar dan memberikan tingkat hidrasi yang dibutuhkan.

Kulit Normal

Sangat beruntung jika kamu memiliki jenis kulit normal. Tipe kulit normal itu seimbang, tidak terasa kering ataupun berminyak. Tidak mudah berjerawat, mengelupas, terasa licin atau kencang, serta memiliki pori-pori yang kecil sehingga cenderung tidak rentan terhadap sensitivitas atau noda. Hanya cukup dibersihkan secara menyeluruh dengan pembersih wajah dan pelembab, maka kulit tetap terlindungi.

Kulit Kombinasi

Orang yang memiliki jenis kulit kombinasi adalah orang yang memiliki kulit kering sekaligus berminyak. Maksudnya, biasanya pada area T-Zone, kulitnya berminyak, namun pada bagian pipi, jenisnya kering atau bahkan normal. Biasanya jenis kulit ini perlu dilindungi dengan baik dari sinar matahari karena biasanya sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Kulit Sensitif

Sebetulnya, jenis kulit sensitif merupakan kulit yang kering atau berminyak, namun bedanya kulitnya sering mengalami kemerahan, terasa terbakar, atau bahkan gatal. Biasanya gejala-gejala ini terkait dengan kondisi kulit yang lebih rentan terhadap iritasi eksternal dan mungkin dipicu oleh bahan-bahan tertentu, bahkan faktor lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X