Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa Agar Wajah Tampak Selalu Segar

Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa Agar Wajah Tampak Selalu Segar

Bulan suci Ramadan telah tiba dan disambut sukacita oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Selama satu bulan penuh, umat muslim menjalankan puasa. Pola makan dan jam tidur yang berubah membuat kulit dan tubuh juga mengalami perubahan.

Di bulan Ramadan, kulit cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Cuaca panas di siang hari dapat menyebabkan kekeringan dan kurangnya kelembaban pada kulit. Perawatan kulit di bulan Ramadan sangat penting untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Ada beberapa tips mencegah kulit kering saat puasa. Kamu dapat menerapkan tips ini untuk mendapatkan kulit sehat dan segar sepanjang Ramadan.

Minum banyak air

Jika tubuh kekurangan air dan hidrasi, atau kurang gizi, maka kulit akan terlihat kusam, kering dan dehidrasi. Menjaga kulit terhidrasi dengan minum banyak air sangat penting selama bulan Ramadan.

Batasi diri pada asupan kafein, teh dan soda karena mereka dapat memicu dehidrasi bagi tubuh. Dianjurkan untuk paling tidak minum 8-10 gelas air antara waktu buka puasa dan sahur.

Cobalah untuk minum air detoksifikasi, seperti infused water dengan mentimun, mint, dan lemon. Ini akan melembabkan kulit secara instan dengan vitamin yang kuat. Kamu akan mendapatkan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, Asam Folat, Vitamin C, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium dan Seng serta nutrisi menyehatkan lainnya.

Perawatan kulit

Selain perbanyak konsumsi air, perawatan kulit selama Ramadhan juga sangat penting. Kulit kehilangan kelembaban karena kondisi lingkungan, produk skin care yang agresif dan pilihan gaya hidup yang buruk bahkan selain di bulan puasa. Cobalah untuk mengeksofiliasi dan melembabkan kulit secara teratur selama bulan puasa.

Selain itu coba untuk tidak menggunakan toner kulit atau skin care yang mengandung alkohol dan pewangi. Alkohol adalah zat yang akan menghilangkan minyak alami kulit dan membuat kulit lebih kering. Selalu rawat mata dari lingkaran hitam yang akan membuat kamu terlihat lelah dan kusam. Lingkaran hitam dapat dengan mudah muncul selama bulan puasa karena perubahan pola tidur.

Biarkan diri kamu tidur sekitar delapan jam per hari, oleskan krim mata yang kental dan tempatkan mentimun di mata untuk mengurangi lingkaran hitam.

Makan makanan sehat

Selalu pilih asupan buah dan sayuran selama bulan Ramadan. Sebagian besar buah-buahan dan sayuran mengandung 90% air yang akan membuat kamu tetap terhidrasi. Mereka juga menawarkan manfaat tambahan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Kulit kamu pasti akan terlihat bersinar dari manfaat hidrasi dan nutrisi.

Buah dan sayuran yang bagus untuk bulan puasa dapat berupa: Beri, jeruk lemon, semangka, timun, kubis, tomat, bayam, anggur, dan rokoli.

Juga jangan lupa untuk menyeimbangkan makanan dengan asupan protein seperti salmon, telur, ayam dan karbohidrat yang tidak diproses seperti Kentang atau ubi jalar. Batasi asupan makanan seperti keripik, makanan cepat saji dan banyak makanan kemasan. Batasi pula makanan asin dan pedas yang akan menimbulkan dehidrasi saat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X