Kandungan Nutrisi yang Dapat Membuat Kulit Anda Lebih Sehat

Kandungan Nutrisi yang Dapat Membuat Kulit Anda Lebih Sehat

Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya memang impian semua orang. Tidak hanya rutin merawatnya dari luar saja, namun merawat kulit juga harus dari dalam. Seperti mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat-zat baik untuk kecantikan kulit kamu.

Jadi, agar kulit tampak lebih kenyal, bersih dan bercahaya, perlu dirawat dan terhidrasi secara tepat. Seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang bekerja dari dalam untuk membantu mendapatkan kulit tubuh yang kamu inginkan. Dilansir dari situs fashionising.com ada jenis kandungan makanan yang perlu kamu makan agar kulit tampak lebih terawat.

1. Antioksidan

Antioksidan adalah nutrisi (vitamin dan mineral) dan enzim (protein dalam tubuh) yang dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas. Makanan yang mengandung antioksidan adalah rangkaian buah beri, seperti blackberry dan raspberry. Selain itu ada juga buah aprikot, tomat, ubi dan bayam.

2. Lemak Omega 3

Lemak omega 3 mampu membantu mengatur produksi minyak pada kulit kamu. Sehingga dapat memerangi masalah kulit kering dan mengurangi peradangan kulit serta eksim pada kulit. Makanan yang mengandung lemak omega 3 adalah ikan sarden, salmon, tuna dan cod hitam. Selain itu terdapat juga dalam chia seeds dan kacang kenari.

3. Sulfur

Mineral ketiga yang paling berlimpah dalam tubuh kamu. Sulfur dapat membantu tubuh memproduksi kolagen sehingga menjaga kulit tampak halus dan kenyal. Konsumsi makanan yang mengandung sulfur seperti ikan, unggas, kuning telur, bawang merah dan putih, brokoli, kembang kol, kubis, dan kale.

4. Vitamin C

Vitamin C memberikan perlindungan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas seperti sinar UV dan polusi. Selain itu, vitamin C juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi peradangan dan iritasi kulit serta mencegah timbulnya flek hitam. Untuk itu jaga kecantikan kulit kamu dengan mengkonsumsi buah sitrus seperti jeruk, stroberi, mangga, brokoli, cabai, paprika hijau dan merah, pepaya dan kale.

5. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dapat membantu mempercepat regenerasi kulit dan mengontrol minyak pada kulit. Selain itu zinc juga mampu menyembuhkan luka dan melindungi kulit terhadap radiasi sinar UV. Makanan yang mengandung zinc adalah biji labu, kacang-kacangan, sereal, tiram, telur dan daging merah.

6. Probiotik

Menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik. Probiotik dapat membantu meningkatkan penampilan kulit kamu dari usus yang sehat. Konsumsi probiotik seperti yogurt, kefir, serta makanan yang berfermentasi seperti kimchi, tauco, roti, tempe, dan tahu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X