Kesalahan dari Rutinitas Skincare yang Memicu Jerawat

Kesalahan dari Rutinitas Skincare yang Memicu Jerawat

Salah satu cara untuk menghindari diri dari jerawat adalah rajin mencuci wajah dan menggunakan skincare yang tepat. Namun, terkadang merawat wajah saja tidak cukup untuk terhindar dari jerawat.

Beberapa penelitian yang dilansir dari Bright Side menunjukkan bahwa seseorang yang rajin menggunakan skincare masih berpotensi timbul jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan kesalahan rutinitas skincare yang kerap dilakukan.

1. Menggunakan tisu makeup untuk membersihkan wajah

Meski tisu makeup tidak secara langsung menyebabkan jerawat, namun ia dapat meninggalkan kotoran dan residu yang dapat menyebabkan jerawat. Ada beberapa tisu makeup yang menggunakan alkohol, wewangian, dan bahan lainnya yang membuat kulit menjadi kering. Bagi pemilik kulit sensitif, menggosokkan tisu makeup dapat mengiritas dan menyebabkan pembengkakan yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Menggunakan sunscreen yang salah

Beberapa jenis sunscreen bisa menyebabkan jerawat. Beberapa formulanya menggunakan filter organik berbahan dasar minyak yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat. Kamu harus menghindari penggunaan sunscreen yang berat dan komedogneik yang dapat menghambat pori-pori.

3. Tidak membersihkan kacamata

Jika sering timbul jerawat di sekitar area kacamata, bisa jadi karena kamu lupa membersihkan kacamata yang kamu gunakan. Dokter kulit merekomendasikan untuk membersihkan bingkai kacamata setidaknya sehari sekali. Kacamata yang kamu gunakan mungkin terlalu ketat dan bisa menghalangi pori-pori dengan mendorong sel kulit mati kembali ke pori-pori. Sesuaikan kembali ukuran kacamatamu agar terhindar dari pori-pori tersumbat.

4. Terlalu sering mencuci wajah

Membersihkan kulit adalah langkah penting untuk melawan jerawat. Namun jika dilakukan terlalu sering, justru akan berdampak pada timbulnya jerawat. Ahli kulit meyakinin bahwa terlalu sering membersihkan wajah bisa mengganggu keseimbangan kulit. Menggunakan terlalu banyak produk yang dirancang untuk mengurangi minyak berlebih justru akan membuat kulitmu terasa kering dan menyebabkan lebih banyak minyak.

5. Menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut

Beberapa produk perawatan rambut juga bisa membuat kulit berjerawat. Seperti sampo, kondisioner, dan produk penata rambut dapat menyebabkan berbagai jenis jerawat di sepanjang garis rambut dan dahi. Jika produk tersebut mengenai wajah, bisa menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit.

6. Membasuh wajah saat mandi dengan air panas

Disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas untuk membasuh wajah. Air panas dapat mengiritasi kulit dan dapat merusak pelindung kulit. Ini juga akan melarutkan dan menghilangkan minyak alami pada kulit yang membuatnya kering.

7. Tidak mencuci muka setelah olahraga

Meski olahraga kini lebih banyak dilakukan di rumah, membersihkan wajah setelahnya tetap penting untuk dilakukan. Bakteri di kulit akibat keringat dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Dokter kulit merekomendasikan untuk segera mandi setelah berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X