Mengenali Tanda Kulit yang Stres dan Cara Mengatasinya

Mengenali Tanda Kulit yang Stres dan Cara Mengatasinya

Selama berada di rumah, sebenarnya kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan perawatan kulit. Namun, beberapa orang justru melaporkan, mereka memiliki kondisi kulit yang memburuk, apakah kamu salah satunya?

Jika tidak ada perubahan warna kulit, ini bisa menjadi tanda bahwa kulitmu sedang stres. Jika kulit menunjukkan tanda-tanda yang tidak khas untuk jenis kulit yang kamu miliki, bisa jadi itu tanda stres.

Segala jenis stres, baik fisik maupun emosional dapat menyebabkan kulit juga merasa stres, karena adanya peningkatan korisol. Peningkatan kortisol di sini memerintahkan kelenjar kulit untuk membuat lebih banyak minyak, seperti dilansir dari purewow.com.

Kulit yang stres juga akan menjadi lebih sensitif dan reaktif, terlihat melalui munculnya kerutan, warna kulit tidak merata, lingkaran hitam di bawah mata, dan jerawat. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi kulit yang sedang stres.

Jangan bereaksi berlebihan

Yang terpenting adalah menghindari bersikap terlalu agresif pada kulit. Hal ini dapat membuat kulit kering, iritasi, dan justru memperburuk kondisi kulit itu sendiri. Cobalah menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan yang lembut, namun sangat efektif mengatasi kulit stres, seperti Niacinamide, Zinc PCA, dan Witch Hazel.

Diet

Cobalah untuk menerapkan pola makan nabati dan mengonsumsi makanan dingin, seperti mentimun dan seledri untuk membantu menenangkan kulit. Selain itu, ada makanan yang harus kamu hindari karena dapat meningkatkan panas dalam tubuh, seperti makanan pedas.

Hindari air yang terlalu panas

Mandi air panas dapat terasa sangat menenangkan, namun juga dapat sangat mengiritasi kulit. Hindari air panas untuk mencuci muka, selalu gunakan air bersuhu hangat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X