Mengatasi Masalah Kulit Akibat Stress

Mengatasi Masalah Kulit Akibat Stress

Jerawat tidak pernah muncul pada saat yang tepat. Tapi pernahkah kita memperhatikan jerawat selalu muncul pada saat terburuk, seperti ujian akhir atau presentasi pada klien yang sudah direncakan jauh hari?

Ternyata, ada alasannya. Stres benar-benar berdampak pada kulit, mulai dari jerawat, iritasi, dan bahkan keriput. Lalu, bagaimana stres mempengaruhi kulit dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap bersih?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi efek stres pada kulit, yaitu:

1. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan kulit
Walaupun sedang mengalami stres jangan lupa untuk membersihkan dan merawat kulit. Bersihkan wajah 2 kali sehari dan gunakan pelembab atau tabir surya agar kulit tetap sehat.

2. Konsumsi makanan bergizi
Saat stres, nafsu makan dan keinginan untuk ngemil biasanya akan meningkat. Hati-hati, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, misalnya makanan yang manis atau berminyak, akan memperburuk kondisi kulitmu. Pilihlah makanan yang bergizi saat ingin ngemil, misalnya popcorn buatan rumah, kacang, atau salad sayur dan buah.

3. Cukupi kebutuhan tidur
Mencukupi kebutuhan tidur bermanfaat untuk mengatasi efek stres pada kulit. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, termasuk jaringan kulit. Lamanya tidur malam yang ideal adalah 8 jam.

4. Lakukan teknik relaksasi dan meditasi
Meskipun terlihat sederhana, melakukan teknik relaksasi dan meditasi bisa mengatasi stres, lho. Hal ini tentunya juga akan meredakan efek stres pada kulit, seperti eksim dan psoriasis.

5. Oleskan salep atau krim
Bila perlu, kamu bisa menggunakan salep atau krim untuk mengatasi masalah kulitmu. Misalnya, menggunakan krim yang mengandung buah pepaya . Namun sebelum menggunakan salep, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X