Vitamin Esensial untuk Wanita

Vitamin Esensial untuk Wanita

Jika Anda seorang wanita, penting untuk mengetahui peran vitamin dan mengonsumsi makanan yang memiliki vitamin tersebut.

Diet seimbang bisa membantu Anda tetap sehat dan bugar. Tetapi diet seimbang itu bisa dikatakan saat semua nutrisi bisa masuk ke dalam tubuh dengan proporsi yang tepat. Jika Anda gagal dalam menjalani diet seimbang, penyakit defisiensi bisa terjadi.

Ada beberapa vitamin yang diperlukan untuk kesehatan wanita. Berikut ini vitamin yang baik untuk kesehatan wanita seperti dilansir dari dari situs boldsky.com.

Vitamin B6

itamin B6 Ini adalah salah satu vitamin penting bagi wanita. Nama lain dari vitamin ini adalah pyridoxine. Vitamin ini bisa membantu wanita hamil melawan morning sickness/ rasa mual. Kekurangan vitamin ini bisa meningkatkan risiko anemia. Vitamin ini juga meningkatkan kekebalan tubuh dan mengontrol kadar gula darah. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan seperti kacang, buah kering, ikan, biji-bijian, pisang, oatmeal, alpukat dan daging.

Vitamin A

Anda membutuhkan vitamin A untuk penglihatan mata yang baik, tulang yang kuat, gigi sehat dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang menawarkan vitamin ini adalah wortel, bayam, kangkung, brokoli, telur, pepaya, tomat, susu, aprikot, persik dan jambu biji.

Vitamin B9

Asam folat adalah nama lainnya. Inilah salah satu vitamin untuk wanita. Kita semua tahu bahwa asam folat sangat penting bagi wanita hamil karena membantu perkembangan janin. Vitamin ini juga mencegah BP tinggi, kanker, masalah jantung dan Alzheimer. Kekurangan vitamin ini selama kehamilan bisa meningkatkan risiko cacat bayi saat lahir. Vitamin B9 bisa didapati dari mengonsumsi makanan seperti kacang, telur, jeruk, stroberi, kacang polong dan melon.

Vitamin D

Saat ini banyak wanita yang menjadi korban osteoporosis. Tubuh Anda membutuhkan vitamin ini untuk menyerap kalsium lebih baik. Jadi, tulang Anda membutuhkan bantuan vitamin D juga. Vitamin ini juga meminimalkan risiko masalah penglihatan, multiple scleroses, arthritis dan beberapa jenis kanker. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari susu, hati, telur, dan ikan.

Vitamin C

Kita semua tahu betapa pentingnya vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa mempercepat pemulihan, membantu produksi sel darah merah dan mencegah masalah jantung. Buah jeruk, paprika, kiwi, tomat, buah grepe, brokoli, kentang dan kubis memasok nutrisi ini.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 memberi dorongan pada imunitas, metabolisme dan tingkat energi Anda. Bila tubuh Anda kekurangan vitamin ini, Anda mungkin mengalami sakit tenggorokan, bisul mulut, bibir pecah-pecah, rambut kering dan kulit gatal. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah yoghurt, almond, keju, susu, telur, ragi, sereal dan sayuran hijau.

Vitamin B12

Vitamin ini membantu dalam meminimalkan risiko penyakit jantung, depresi, masalah memori dan anemia. Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan iritabilitas, ketidakmampuan untuk fokus, depresi dan radang mulut. Keju, telur, yoghurt, susu, ikan dan daging bisa memasok vitamin ini.

Vitamin B7

Nama lain dari Vitamin B7 adalah biotin. Vitamin ini membantu pertumbuhan sel, sintesis asam lemak, pertumbuhan tulang dan kadar kolesterol sehat. Kurangnya vitamin ini bisa meningkatkan risiko depresi, anemia, rambut rapuh, ruam kulit dan bahkan detak jantung yang tidak teratur. Makanan seperti wortel, kacang-kacangan, kacang almond, lentil, sayuran hijau, susu, paprika, ikan, keju dan pisang menawarkan vitamin ini.

Leave your comment to Cancel Reply

Your email address will not be published.

X