Nutrisi yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin dengan Cepat

Nutrisi yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin dengan Cepat

Anda merasa sering lelah dan lemah, mengalami kesulitan bernafas, sering mengalami sakit kepala dan detak jantung yang cepat atau membuat nafsu makan Anda menurun? Anda mungkin menderita tingkat hemoglobin rendah.

Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang ada dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, juga membantu membawa karbondioksida menjauh dari sel dan membawanya kembali ke paru-paru.

Hemoglobin memainkan peran yang sangat penting bagi fungsi normal tubuh pada manusia. Kita harus sangat berhati-hati dalam menjaga tingkat hemoglobin normal.

Menurut para ahli, tingkat hemoglobin normal berkisar antara 14 sampai 18 g / dl untuk pria dewasa dan 12 sampai 16 g / dl untuk wanita dewasa.

Anemia adalah salah satu masalah kesehatan utama yang disebabkan karena kadar hemoglobin yang rendah. Juga, beberapa wanita mengalami kondisi ini selama kehamilan atau pada saat menstruasi. Kehilangan darah setelah operasi bisa jadi alasan lain hemoglobin rendah.

Jadi, ada beberapa nutrisi yang membantu meningkatkan Hemoglobin dengan cepat.

Tambahkan Asam Folat ke Makanan Anda
Bila tubuh kekurangan asam folat atau yang biasa disebut vitamin B kompleks, maka hal itu menyebabkan penurunan kadar hemoglobin. Sayuran hijau berdaun hijau, kacang tanah, hati, kecambah, sereal yang diperkaya dan pisang adalah beberapa makanan umum yang kaya akan asam folat. Jadi bagi mereka yang memiliki kadar hemoglobin rendah, penting untuk menambahkan asam folat dalam makanan.

Tambahkan Makanan yang kaya zat besi ke dalam makanan Anda
Besi merupakan salah satu nutrisi terpenting yang membantu dalam produksi hemoglobin. Menambahkan makanan kaya zat besi seperti hati, daging merah, bayam, kacang almond, kurma dan lentil dalam makanan harian Anda membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Selain itu, jika perlu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi setelah berkonsultasi dengan dokter.

Makan Makanan Kaya Vitamin C
Kurangnya vitamin C dalam tubuh juga bisa menyebabkan kadar hemoglobin berkurang. Menambahkan makanan kaya akan vitamin C seperti jeruk, lemon, stroberi, jeruk bali, tomat, pepaya dan bayam membantu meningkatkan kadar hemoglobin.

Akar bit
Bit adalah salah satu bahan alami yang paling dikenal yang membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin. Kaya akan zat besi, folik, potassium dan juga kandungan serat, bit adalah keharusan jika Anda menderita hemoglobin rendah. Ambil satu bit, kira-kira dua wortel, kemudian blender, minumlah satu gelas jus ini setiap hari.

Apel
Apel Kaya akan kandungan zat besi, makan satu apel sehari membantu memperbaiki kadar hemoglobin. Anda juga bisa menyiapkan jus apel dengan menggunakan satu buah apel kupas dengan sedikit jus bit, jus lemon dan sedikit jahe. Minum jus ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X