Mengatasi Kulit Iritasi Akibat Masker

Mengatasi Kulit Iritasi Akibat Masker

Saat pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pemerintah telah secara resmi memerintahkan agar warga hanya keluar rumah jika ada kepentingan mendesak saja.

Jika keluar rumah pun, diwajibkan untuk memakai masker untuk mencegah penularan virus corona. Namun salah satu efek samping dari terlalu sering pakai masker wajah adalah iritasi kulit.

Nah, bagaimana agar wajah terhindar dari iritasi kulit, dan kebersihannya tetap terjaga, berikut tips yang diberikan ahli kulit, yang diambil dari berbagai sumber :

Rutin Mencuci atau Mengganti Masker

Masker yang sudah kita gunakan pasti sudah terpapar bakteri dan kuman. Ada berbagai macam masker yang bisa kita pilih, masker satu kali pakai atau masker yang bisa digunakan berkali-kali dengan dicuci kembali.

Untuk pengguna masker satu kali pakai, usahakan untuk tidak menggunakan masker yang sama secara berulang. Sedangkan, untuk masker yang bisa dipakai berkali-kali, ada baiknya jika secara rutin dicuci, setiap pemakian 4 jam sekali.

Bersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut setelah membuka masker

Segera bersihkan wajah setelah melepas masker. Tindakan ini bertujuan membuang kotoran, keringat, dan zat lain yang melekat di kulit wajah akibat terperangkap masker yang digunakan selama berjam-jam.

Kamu juga disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan lembut atau gentle. Jangan gunakan pembersih wajah yang membuat kulit kering. Jika mungkin, pilihlah pembersih wajah yang tidak mengandung pewangi.

Aplikasikan pelembab yang mengandung bahan penguat Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar. Gesekan di kulit yang sering terjadi akibat pemakaian masker setiap hari bisa merusak lapisan pelindung kulit terluar, sehingga menyebabkan kulit kering, memar, dan bahkan goresan di kulit wajah.

Maka itu, tips mencegah iritas wajah karena masker yang bisa dilakukan adalah mengaplikasikan pelembab atau moisturizer setelah mencuci wajah. Pelembab yang digunakan perlu disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

Sebelum tidur, aplikasikan salep untuk mengatasi iritasi

Tips mencegah iritasi wajah karena masker yang ketiga adalah mengaplikasikan salep pada kulit yang mengalami iritasi sebelum tidur.

Rajin Mengonsumsi Air Putih

Air putih tentunya sangat penting untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup setiap hari. Sebab, air berperan penting untuk mengganti cairan di dalam tubuh. Selain itu air juga diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan menyiram racun dari dalam tubuh, termasuk racun penyebab masalah kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X