Cara Atasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Cara Atasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Kita semua tahu bahwa kekurangan cairan bisa mengakibatkan kulit kering. Itu sebabnya, kulit kering saat puasa selalu menjadi tantangan setiap tahunnya saat bulan Ramadan tiba. Sudah tahukah kamu cara praktis mengatasinya?

Kulit kering saat puasa memang pada dasarnya bukan hal yang berbahaya. Namun jika terus dibiarkan, kulit kering dapat membuat kamu merasa tidak nyaman. Perubahan ketebalan epidermis membuat kulit tidak terlindungi dan kelembabannya pun tidak terjaga. Kabar baiknya, kulit kering saat puasa tetap bisa diatasi dengan cara-cara yang mudah. Kamu bisa mencoba beberapa trik ini dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit masing-masing, di antaranya:

1. Rehidrasi

Rehidrasi dengan minum minimal 8 gelas air sehari. Untuk membuat kegiatan minum air ini lebih menarik kamu bisa menambahkan lemon dan mint ke dalamnya. Makan banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya air dan mengandung asam lemak esensial seperti seledri, bayam, semangka, dan mentimun.

2. Tingkatkan kelembapan di udara

Jaga pelembap udara agar kulitmu tidak melepaskan kelembapan ke udara kering di sekitarnya. Pertahankan suhu yang nyaman saat menggunakan AC atau kipas.

3. Eksfoliasi kulit dengan baik

Karena penumpukan kulit mati mengurangi penyerapan pelembap, pengelupasan kulit secara teratur adalah kuncinya. Lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu agar kulit tidak mudah dehidrasi.

4. Melembapkan

Pelembap mengandung vitamin dan antioksidan penting bersama dengan asam Hyaluronic, senyawa alami yang dapat menyelamatkan kulit dehidrasi dan mengembalikan kekenyalan. Gunakan pelembap segera setelah mencuci kulit. Aplikasikan sebelum kulit kering, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Sediakan mist untuk menghidrasi kulit saat bepergian. Semprotkan ke wajahmu setiap kali terasa kering.

5. Tabir surya

Pastikan untuk menerapkan tabir surya di siang hari bahkan jika kamu tinggal di dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X