Ini Alasan Kenapa Kulit Sering Terkelupas

Ini Alasan Kenapa Kulit Sering Terkelupas

Kulit mengelupas terutama bagian wajah pasti membuat tidak nyaman. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan kulit mengelupas dan perawatan seperti apa yang harus dilakukan?

Kulit terbakar

Biasanya sengatan matahari akan menyebabkan kulit terbakar. Khususnya bagi kita yang baru saja berlibur dari pantai, kulit pasti akan berubah warna menjadi merah.

Terkadang, saat kondisi lebih parah, kulit juga akan terasa panas saat disentuh.

Untuk menyembuhkannya, kita dapat mengompres menggunakan air dingin, menggunakan pelindung kulit yang lembut seperti lidah buaya yang menenangkan.

Tetapi jika kulit terbakar lebih parah, artinya warnanya akan lebih merah dan jauh lebih menyakitkan. Dalam kasus ini, kulit kamu mungkin akan melepuh yang bisa diatasi dengan memakai pereda nyeri anti-inflamasi, seperti ibuprofen, dalam waktu 24 jam setelah terbakar.

Kulit kering

Beberapa orang memiliki jenis kulit yang cenderung kering secara alami. Tetapi kenyataannya adalah kulit kering dapat terjadi pada siapa pun.

Selain faktor bawaan, hal lain yang dapat menyebabkan kulit kering adalah kurangnya kelembapan yang mengakibatkan Kulit kering, gatal, retak dan akhirnya mengelupas.

Eksim

Ketika kulit mengelupas, terasa gatal, sangat kering, merah, dan meradang, bisa saja itu disebabkan oleh eksim. Suatu kondisi di mana penghalang kulit tidak cukup melindungi terhadap bakteri dan iritasi. Tetapi eksim biasanya memiliki pemicu spesifik seperti alergen dan kemungkinan akan membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Seperti halnya kulit kering, pelembab adalah langkah preventif yang sangat penting ketika menderita eksim. Ada baiknya juga konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X