3 Cara Mudah Atasi Ruam Popok Pada Bayi

3 Cara Mudah Atasi Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok menyebabkan kulit kemerahan di sekitar bokong atau selangkangan. Kondisi dapat terjadi akibat berbagai hal, seperti kulit bayi yang sensitif, iritasi karena zat tertentu, atau infeksi jamur dan bakteri yang ada di kulit.

Ruam popok menyebabkan rasa perih dan sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum sehingga membuat bayi rewel. Bila diperhatikan, bayi mungkin saja menangis saat buang air kecil, buang air besar, atau ketika Moms mengganti popoknya. Bahkan, gejalanya bisa membuatnya susah tidur dengan nyenyak.

Walaupun termasuk masalah kulit yang ringan, Moms harus tahu cara mengatasi ruam popok yang tepat. Jika tidak, kondisinya akan memburuk, yakni menimbulkan infeksi dan menyebar ke area kulit lainnya.

Rutin Mengganti Popok

Saat muncul ruam, rutin mengganti popok adalah hal yang sangat harus dilakukan. Idealnya, mengganti 2-3 jam sekali popok supaya tidak memicu iritasi di kulit.

Memberikan Krim untuk Bayi

Krim ruang popok yang ampuh adalah yang mengandung zinc untuk meredakan ruam kulit. Pilih krim yang memang diperuntukkan untuk bayi dan hindari krim steroid kecuali dokter yang memberikan resepnya.

Pilih Pakaian yang Menyerap Udara

Selain tidak menggunakan produk yang mengandung parfum. Bahan pakaian yang digunakan untuk si kecil juga harus diperhatikan. Pilih bahan katun atau bahan yang dapat menyerap keringat dan udara terutama saat cuaca panas. Dengan cara ini tentu dapat meminimalisir terjadinya ruam popok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X