Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah- pecah

Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah- pecah

Kulit kaki yang kering, pecah-pecah, dan mengelupas tentunya membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Selain berisiko iritasi, kulit kaki yang kering dan pecah-pecah juga membuat risih.

Untuk tahu bagaimana penanganannya, tentu saja kamu harus tahu dulu apa penyebabnya.

Kurangnya kelembaban

Kulit kaki kering, pecah-pecah, dan mengelupas sering terjadi pada tumit dan telapak kaki karena daerah ini memiliki lebih sedikit kelenjar minyak daripada kulit di tempat lain pada tubuh.

Gangguan

Berdiri terlalu lama atau mengenakan sepatu yang tidak pas dapat memberikan tekanan konstan pada area tertentu dari kaki atau menyebabkan gesekan kulit. Akibatnya, area kaki ini bisa menjadi kering, kapalan, atau retak.

Panas dan kelembaban

Sepatu tertutup, seperti sepatu running dan sepatu bot, menciptakan lingkungan yang sangat panas dan lembab untuk kaki. Panas dan kelembaban menarik kelembaban dari kulit, yang dapat menyebabkan area kering, tebal, atau retak pada kaki.

Sabun

Sabun yang mengandung bahan kimia atau iritasi yang keras dapat menghilangkan kelembaban dari kulit. Gagal mencuci sabun berlebih dari kaki juga dapat menyebabkan masalah ini.

Penuaan

Ini adalah salah satu faktor yang tidak dapat dihindari. Kulit akan kehilangan kemampuannya untuk menahan air dan membuatnya menjadi lebih tipis. Orang yang berusia lebih tua cenderung memiliki kulit kering akibat proses penuaan alami.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, termasuk diuretik, dapat menyebabkan kulit kering pada kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X