Hidup Sehat di Ibu Kota Jakarta

Hidup Sehat di Ibu Kota Jakarta

Siapa pun pasti ingin sehat, tapi ketika diminta menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semua mau menjalaninya. Biasanya, keengganan itu muncul karena sudah lelah dengan aktivitas yang dijalani di ibu kota Jakarta. Kendati tidak mudah dilakukan, pola hidup sehat memiliki sangat banyak manfaat, seperti membantu kamu menghindari kelebihan berat badan, memperbaiki suasana hati, mencegah terjadinya beragam penyakit, serta dapat meningkatkan energi kamu. Jika cara pola hidup sehat diterapkan secara teratur sudah pasti akan berujung pada baiknya kualitas hidup dan kualitas kesehatan

Makan dan minum sealami mungkin

Saat ini sangat banyak makanan dan minuman hasil dari olahan pabrik. Begitu banyak makanan dan minuman yang kini diproduksi oleh industri, di mana produksi dilakukan secara masal, proses produksi yang panjang memerlukan waktu yang lama untuk sampai pada konsumen. Hal ini menyebabkan makanan dan minuman tersebut membutuhkan bahan pengawet. Sebagai cara pola hidup sehat, mulailah untuk menggunakan bahan pangan alami.Cara pola hidup sehat lain yang bisa kamu lakukan adalah berhenti mengonsumsi fast food, minuman soda, alkohol, serta makanan yang mengandung banyak lemak tak sehat lainnya, seperti gorengan.

Perbanyak minum air putih

Kamu dapat meningkatkan kesehatan sekaligus menghemat uang dengan banyak minum air putih. Air putih memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menutrisi, membersihkan racun dari tubuh, meningkatkan fungsi otak, memberi energi pada otot, mengontrol kenaikan berat badan, dan menyeimbangkan suhu dan cairan tubuh.

Semakin sedikit minum akan menurunkan cadangan cairan dalam tubuh dan berisiko mengentalkan darah. Apabila darah mengental, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa. Jantung yang bekerja ekstra dalam jangka panjang akan mengalami gangguan dan masalah lainnya. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk minum sekitar 8 gelas air per hari.

Kelola kesehatan mental

Menerapkan gaya hidup sehat tak cukup hanya dengan makan makanan bergizi. Kesehatan mental juga perlu diperhatikan karena mental merupakan fondasi kesehatan secara keseluruhan. Penting untuk mengelola pikiran dan perasaan setiap hari. Kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memberi semangat dan masukan konstruktif. Biasakan untuk selalu melihat sisi kehidupan yang positif.

Sekalipun berada dalam situasi terburuk, yakin bahwa selalu ada sisi positifnya. Hindari menaruh perasaan negatif terhadap diri sendiri maupun orang lain. Hal itu hanya akan memunculkan ketidakbahagiaan dalam kehidupan sosial kamu. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional dapat dilakukan dengan bersosialisasi. Jangan lupa untuk selalu tidur cukup, 7-9 jam setiap malam.

Rutin berolahraga

Ibarat kamu sudah memiliki kesehatan mental yang baik, maka harus didukung dengan kondisi fisik yang sehat dan bugar. Penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Cobalah berolahraga satu minggu tiga kali. The American Heart Association menyarankan 150 menit berolahraga per minggunya. Pilih jadwal yang tepat dan luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X