Waspada Dampak Polusi Udara Terhadap Kulit

Waspada Dampak Polusi Udara Terhadap Kulit

Polusi udara adalah salah satu ancaman bagi kulit yang harus kita waspadai, apalagi untuk kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, di mana tingkat polusi sangat tinggi.

Bagaimana polusi merusak kulit kita ?

Polusi mengandung radikal bebas dan agresor lain yang bisa menembus jauh ke dalam lapisan kulit, sehingga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan penggelapan sel kulit dari dalam. Di bagian luar, kerusakan dapat terlihat jelas melalui ruam, jerawat, eksim, kulit kering, bintik hitam dan penuaan dini.

Selain itu ada beberapa efek lain dari polusi yang dapat merusak kulit kita, diantaranya :

Rusaknya kolagen kulit

Senyawa kimia yang berasal dari polusi udara dapat merusak struktur kolagen kulit dan menghambat produksinya. Oleh karena itu, kulit yang sering terpapar polusi udara cenderung lebih kendur, keriput dan kusam.

Jerawat

Polusi udara yang banyak mengandung debu kotoran dapat menyumbat kelenjar minyak di kulit. Jika hal ini terjadi pada kulit wajah Anda, maka jerawat tak bisa dihindari lagi.

Flek hitam

Udara yang tercemar dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Keadaan tersebut membuat sel tubuh memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan yang terjadi. Lama-kelamaan, flek hitam akan timbul sebagai akibatnya.

Memperburuk penyakit kulit

Jika Anda memiliki penyakit kulit seperti psoriasis, dermatitis atau eksim, paparan polusi udara yang terjadi secara berkelanjutan dapat menyebabkan kondisi-kondisi tersebut semakin parah.

Kanker kulit

Kulit dapat menyerap berbagai zat berbahaya yang terhimpun di dalam polusi udara. Jika ini terjadi dalam waktu lama, maka risiko terjadinya kanker kulit akan semakin besar. Kondisi ini menjadi semakin parah jika Anda juga kerap terpapar sinar ultraviolet setiap hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X