Penyebab Kulit Tangan Kasar dan Kering

Penyebab Kulit Tangan Kasar dan Kering

Kulit tangan yang kering dan pecah-pecah, bahkan mengelupas merupakan masalah yang sering terjadi. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman, apalagi tangan merupakan bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Masalahnya, kadang hal-hal kecil yang dilakukan sehari-hari bisa jadi penyebab timbulnya masalah kulit. Agar tidak semakin parah, yuk kenali penyebab kulit tangan kering dan kasar berikut ini.

Sering mencuci dengan tangan. Mencuci piring atau pakaian menggunakan tangan sering menjadi penyebab munculnya masalah kulit karena paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci sehingga menyebabkan kulit iritasi. Kulit yang sering terpapar zat kimia tersebut bisa menjadi kering, kemerahan, dan mengalami penebalan. Karena itu, mulai sekarang gunakan sarung tangan karet agar kulit tidak terpapar langsung sabun cuci.

Sering menggunakan pengering. Pengering sering digunakan sehabis mencuci tangan di toilet umum atau di restoran. Alat pengering ini memang lebih praktis dan ramah lingkungan dibanding harus mengelap tangan dengan tisu. Tapi, udara panas yang dikeluarkan pengering bisa mengikis kelembapan alami kulit. Cobalah menggunakan handuk kecil atau sapu tangan untuk mengeringkan tangan.

Paparan air bermineral tinggi Air yang mengandung kadar mineral tinggi, seperti magnesium, timbal, dan seng bisa membuat kulit menjadi kering. Kandungan mineral tersebut juga bisa membuat minyak alami dalam kulit tersumbat sehingga pemakaian pelembap atau losion tidak bisa terserap ke dalam kulit.

Aktivitas di Ruangan Ber-AC. Beraktivitas di ruangan ber-AC memang terasa nyaman dan sejuk, tapi tanpa disadari paparan AC juga bisa menyebabkan kulit kering, lho. Sebab, meski terasa sejuk namun udara AC justru membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya sehingga kulit menjadi dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X