Cara Merawat Kulit Sensitif

Cara Merawat Kulit Sensitif

Merawat kulit dengan benar diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Tetapi, bagaimana jika hal-hal yang kamu gunakan untuk merawat kulit kamu akhirnya merusak kulit dan menyebabkan kamu tidak nyaman?

Nah, kamu kemungkinan besar memiliki kulit sensitif. Apakah kamu harus selalu berhati-hati tentang hal-hal yang bersentuhan dengan kulit kamu? Sebagian besar orang yang mengunjungi dokter kulit menderita kulit sensitif. Karena itu, penting untuk memahami apa itu kulit sensitif dan bagaimana kamu harus merawatnya.

Apa Itu Kulit Sensitif? Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang dapat menyebabkan iritasi, sensasi terbakar, menyengat dan gatal. Ini adalah reaksi sensorik yang dapat dipicu ketika kulit kamu bersentuhan dengan hal-hal yang membuatnya alergi atau dapat disebabkan oleh faktor lingkungan seperti debu, polusi, dll.

Namun demikian, itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Kemerahan, ruam, kepekaan terhadap sinar UV, bercak kering, dll. Juga cukup umum untuk kulit sensitif. Bahkan, perubahan cuaca juga bisa memicu reaksi terhadap kulit sensitif. Tidak ada iritasi yang pasti dalam hal kulit sensitif. Kamu tidak pernah tahu apa reaksi kulit kamu. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menangani kulit sensitif kamu dan tindakan pencegahan apa yang perlu kamu ambil untuk mencegah kemungkinan reaksi kulit.

1. Jangan melakukan eksfoliasi berlebihan.

Eksfoliasi secara teratur adalah rutinitas perawatan kulit yang baik. Tetapi ketika itu merusak kulit kamu, alih-alih meremajakannya, kamu harus menahannya. Eksfoliasi berlebihan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan pengelupasan. Jadi, bersikaplah lembut dengan kulit kamu.

2. Menjaga kulit kamu tetap lembab

Kulit kering adalah salah satu alasan utama kulit sensitif. kulit sensitif yang dilembabkan sangatlah penting. Berhati – hati saat memilih pelembab dan periksa bahan-bahan yang mungkin bereaksi pada kulit kamu. Cara terbaik adalah memilih bahan alami. Bahan-bahan alami seperti pepaya , lidah buaya, jojoba, atau minyak kelapa adalah yang terbaik untuk melembabkan kulit.

3. Jangan pernah melewatkan tabir surya

Sinar UV matahari bisa sangat berbahaya dan lebih berbahaya bagi kulit sensitif. Karena itu, penting untuk melindungi kulit kamu dari sinar matahari yang keras. Jadi, dapatkan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Tapi, periksa bahan-bahan untuk mengetahui kemungkinan iritasi. Juga, pastikan tabir surya tidak memiliki fragnansi. Oleskan tabir surya ke wajah, kaki, kaki, tangan, lengan, dan area lain yang terbuka. Ingat, kamu membutuhkan pelindung matahari bahkan di hari hujan atau dingin. Jangan melangkah keluar dari matahari tanpa tabir surya dan tidak tinggal di bawah sinar matahari terlalu lama.

4. Hindari produk wangi.

Sabun, deterjen, dan produk kecantikan yang berbau luar biasa menarik perhatian kita, bukan? Yah, itu mungkin tidak baik untuk kulit kamu. Produk yang sangat wangi dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit sensitif. Alasannya karena ini termasuk bahan kimia yang mungkin keras pada kulit kamu. Jadi, sebanyak yang kamu bisa pilih untuk produk bebas aroma.

5. Waspadai produk asam

Ini mungkin terdengar aneh bagi kamu, tetapi banyak dari produk yang kami gunakan setiap hari mengandung asam. Faktanya, sabun dan pembersih wajah yang kita gunakan mengandung asam dan juga membantu melawan infeksi. Tetapi, ketika kamu memiliki kulit sensitif, kamu harus berhati-hati. Periksa produk untuk asam seperti asam alfa-hidroksi, asam beta-hidroksi, asam askorbat, dan asam kojic. Ini adalah yang paling umum digunakan. Dan jika produk mengandung semua ini, jangan membelinya.

6. Gunakan produk alami

Kandungan terbaik kamu terhadap kulit sensitif adalah memilih produk alami. Jadi, pilih produk alami yang tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat membahayakan kulit kamu. Cari produk yang khusus untuk kulit sensitif atau diberi label hypoallergenic.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X