5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh Kamu

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh Kamu

Puasa dapat digambarkan sebagai aktivitas tidak membolehkan makan dan minum selama suatu periode. Setiap orang telah mempraktikkan metode puasa ini. Waktu yang dihabiskan untuk tidur, misalnya, adalah waktu ketika tidak ada makanan yang dicerna juga tidak dicerna. Selama periode ini, tubuh mengalami perubahan psikologis positif karena puasa. Manfaat ini membuktikan pentingnya puasa.

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa puasa dalam semalam dapat mengurangi biomarker metabolik tertentu seperti insulin dan glukosa. Karena alasan inilah dokter memerintahkan pasien untuk berpuasa selama 8 hingga 12 jam sebelum mereka melakukan tes darah. Studi penelitian terbaru lainnya menunjukkan bahwa hampir semua jenis puasa intermiten tidak berbahaya baik secara fisik maupun mental. Karena itu, akankah puasa lebih bermanfaat bagi kesehatan manusia secara positif?

MENURUNKAN BERAT BADAN

Puasa untuk menurunkan berat badan mungkin merupakan alasan utama orang merekomendasikan metode ini. Metode ini bekerja dengan membiarkan tubuh memanfaatkan cadangan lemak di dalam tubuh yang terakumulasi. Lemak menyediakan bahan bakar bagi tubuh. Karena itu, tubuh akan mulai menurunkan berat badan dalam proses yang lambat dan mantap yang bisa sangat bermanfaat.

FUNGSI OTAK

Dalam sebuah studi tahun 2015, terungkap bahwa metode puasa memiliki implikasi yang signifikan bagi kesehatan otak. Puasa intermiten menstimulasi otak dengan berbagai cara: puasa membantu pemulihan dari cedera atau stroke otak, meningkatkan pertumbuhan neuron dan meningkatkan kinerja memori. Selain itu, ini membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif dan kualitas hidup bagi orang yang hidup dengan penyakit seperti Alzheimer atau penyakit Parkinson.

KESEHATAN KULIT

Salah satu metode konvensional untuk mengobati jerawat adalah melalui diet. Karena itu, menggunakan puasa sebagai cara mengelola kulit seharusnya tidak mengejutkan. Teknik ini menawarkan kulit yang bercahaya. Seseorang dapat mengidentifikasi makanan yang sensitif pada kulit dengan memperkenalkan satu makanan pada satu waktu setelah puasa. Setiap perubahan akan diperhatikan dengan cepat. Selain kulit, metode ini juga memengaruhi rambut dan kuku secara positif.

MENINGKATKAN METABOLISME

Bagian dari alasan mengapa puasa untuk menurunkan berat badan berhasil adalah efek bahwa fluktuasi antara pembatasan makanan dan makan teratur memiliki metabolisme. Puasa itu sendiri menurunkan metabolisme. Namun, periode puasa yang lebih pendek yang dianjurkan oleh puasa meningkatkan tingkat metabolisme hingga empat belas persen seperti yang dilaporkan oleh satu studi.

UMUR PANJANG

Kemampuan puasa untuk memperpanjang umur adalah salah satu penemuan paling menarik dari semuanya. Dalam salah satu studi yang dilakukan pada tikus, harapan hidup meningkat hingga 83 persen. Proses umur panjang bekerja dengan cara yang sama seperti proses pembatasan kalori. Jadi, meskipun tidak terbukti pada manusia, kemungkinannya umum di antara orang banyak yang anti-penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X