Perlindungan Kulit dari Dalam

Perlindungan Kulit dari Dalam

Kulit adalah organ tubuh yang terbesar dan menyerap sekitar 60 persen dari semua yang kita pakai. Kulit juga merupakan petunjuk yang baik mengenai apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Apakah pori-pori kulit tersumbat? Apakah kulit terasa kering atau terkelupas? Atau apakah memiliki masalah seperti jerawat atau psoriasis? Jika demikian, tubuh Anda mungkin mencoba memberi tahu  sesuatu.

Berikut beberapa cara untuk membantu melindungi kulit, tidak hanya dari kerusakan akibat sinar matahari, tapi juga faktor lingkungan lainnya.

Menjaga kesehatan kulit dengan asupan yang sehat

Sel kulit kita membutuhkan air untuk berfungsi optimal. Menghindari dehidrasi dapat memberi kulit Anda lebih bercahaya jika sebelumnya Anda mengalami dehidrasi. Minum banyak air juga bisa membantu membersihkan beberapa masalah kulit seperti jerawat.

Selain air, berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan kulit kita untuk kesehatan yang baik: Vitamin E mengandung antioksidan yang membantu melindungi sinar UV, yang berkontribusi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Sebelum Anda liburan ke pantai, jangan lupa untuk mengonsumsi kacang almond mentah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Tomat dan semangka yang dimasak mengandung lycopene, yang merupakan antioksidan lain yang membantu mencegah kerusakan kolagen . Buatlah saus tomat ntuk semangkuk senagai saus pasta agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

Biotin, yang ditemukan dalam telur, oatmeal, pisang dan nasi, adalah anggota keluarga vitamin B dan penting untuk pertumbuhan kulit, rambut dan kuku.

Alpukat dan kelapa mengandung lemak sehat yang bisa membantu kulit Anda tetap lembut. Lemak tak jenuh ganda dalam alpukat bahkan bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menurut Linus Pauling Institute.

Makan alpukat dan gunakan minyak kelapa extra virgin untuk dipanggang atau dimasak dengan suhu tinggi. Anda bahkan bisa mengganti pelembab kulit Anda dengan kedua makanan ini. Pilih satu dan gosokkan pada wajah atau tubuh Anda dan rasakan betapa lembut kulit Anda setelah seminggu.

Detox Produk Kecantikan Anda

Paraben dan phthalate hanyalah dua contoh bahan berbahaya yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit yang terkadang bahkan tidak diberi label (ilegal). Bahan kimia ini bisa menjadi penghambat hormon dan bisa menyebabkan perkembangan tumor.

Saat membeli tabir surya, cari brand yang tidak menggunakan PABA, avobenzone, benzophenone dan ethoxycinnamate, karena semuanya adalah generator radikal bebas yang dikenal – itulah yang seharusnya dilindungi oleh tabir surya. Gunakan merek yang mencantumkan zinc oxide sebagai bahan aktif utama mereka. Tidak yakin bagaimana posisi tabir surya Anda? Gunakan Skin Deep Database dalam Kelompok Kerja untuk meneliti bahan kimia beracun yang bisa disembunyikan di produk favorit Anda.

Wajah bebas makeup

Karena kebanyakan makeup mengandung paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya, berikan wajah Anda istirahat dan hadapi tantangan bebas makeup. Anda tidak hanya akan membantu kulit Anda dengan membiarkannya bernafas, Anda juga sadar bahwa makeup tidak selamanya membuat terlihat cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X